Temukan 7 Rahasia Website Menghasilkan Duit

Monday, January 21, 2013

Hak Hak Asasi Islam

Hak Hak Asasi Islam
Hak Hak Asasi Islam - Rasulullah mengumumkan deklarasi hak -hak asasi islam mengingaaat pentingnya hah-hak asasi itu menurut opandangan islam, maka rasulullah meletakan persoalan itu jadi wasiat kepada khalayak ramai, beliau menyampaikan wasiat ini ketika mengerjakan ibadah haji terakhir yang beliau laksanakan, haji ini disebut dengan Hadjdajattul wada 9( Haji Perpisahan ). haji ini dikerjakan Rasulullah, tanggal 10 Zulhidjdjah tahun ke - X hidjrah, dihapdapan lebih kurang 114.000 kaum muslimin di Arafah, rasululullah berpidato tengntang hak -hak Asasi iIslam.
" Aku akan sampaikan kepada kamu satu keterangan ( deklarasi ) yang merupakan wasiat,  sebab aku tidak tahu apakah sesudah tahun 9( melaksanakan ibadah haji ) ini aku masih bertemu dengan kamu sekalian ditempat aku berdiri sekarang ini " 
Setelah iytu beliau mengucapkan khutbah perpisahan itu, yang mencakup soal-soal pokok:
  1. Setiap manusia pribadi bertanggungjawab atas tindakannya.
  2. Setiap orang berkewajiban memelihara keamanan jiwa dan keselamatan harta benda manusia lainnya, yang menjadi syarat penting dalam membangun kemakmuran dan ketentraman dunia.
  3. Setiap orang yang diserahi amanah dan kepercayaan, baik yang bersipat moril maupun materil, hendaklah memelihara dan menjaganya.
  4.  Pernyataan tentang riba dan bermacam-macam bentuknya yang memeras kaum yang lemah, yang merupakan salah satu cara penghisapan manusia atas manusia.
  5. Penegasan tentang pengakuan hak-hak wanita pada umunnya, hak kewajiban suami istri timbal balinya pada khususnya.
  6. Pernyataan bahwa seorang muslim dengan muslim lainya adalah bersaudara dan harus salaing membantu dalam kebaikan.
  7. Deklarasi penghapusan perbebedaan-perbedaan (diskrininasi0 yang ditimbulkan oleh perbedaan-perbedaan bangsa, kulit, suku, ras, kedudukan sosial dan lain-lain.
Sesudah menyampaikan pidato yang pendek dan padat itu, maka 81 hari kemudian beliau berpisah pada umatnya, dengan meninggalkan satu pegangan untuk hidup, yang beliau ucapkan sebagai penutup khutbah dalam haji wada, pegangan itu berbunyi sebagai berikut :
" Aku tinggalkan Kepada kamu dua urusan ( pegangan hidup)
Kalau kamu berpegang pada keduanya, maka kamu tidak akan tersesat selam-lamanya.. pegangan itu ialah Kitabullah(al-quran) dan Sunnah Rasul ".

M Yunan n 
Salam Berbagi Bekah  

Baca juga Link Terkait Artikel  : Dalil-dan Hadits  Tentang Sedekah
                                                              : Palestina Ilove You
                                               : Pepatah- Pepatah
 

 


0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung ke blog ini
silahkan komentar, komentar anda sangat saya hargai untuk perkembangan blog ini
Salam Berbagi berkah

http://bjk32cikarang.blogspot.com/

 
Design by Free WordPress Themes | Rahasia Wesbite Pemula | Toko Aksesoris Pria